Cerita @hammock_id

DEsign by Hammockers Indonesia Officially`

Hammockers Indonesia bukanlah kelompok layaknya organisasi. Medianya saja ayunan gantung, atau biasanya disebut hammock. Fungsinya selain duduk santai, ya bisa buat tidur juga. Lalu cerita komunitasnya sendiri bisa ada dan terbentuk, bagaimana ya? Yuk, berbagi info 😉

***

Sebelumnya, baca: Komunitas Ayunan, Hammockers Indonesia

HI jaman baheula, masih kinyis-kinyis Ya Allah. Hhhahaha… makasih Galih Fedi Nuriiilll…
Doc Mardiansyah

Berangkat dari keinginan teman-teman penyuka ayunan gantung ini, terkumpullah sebuah wadah, tempat berkumpulnya para penggiat outdoor dari berbagai lapisan hobi. Yang suka naik gunung, doyan makan, senang laut, jalan-jalan di kota, main ke museum, susur sungai, explore tempat wisata, dan lain-lain, semua deh ada.

Kenapa berbagai lapisan penggiat outdoor?

Mungkin karena packingannya yang ringkas, maka hammock bisa saja diselipkan dalam tas punggung kita. Jadi, ya tidak terbatas penyuka ayunan gantung ini. Siapapun bisa saja menyukai hammock.

Rangkuman tentang Hammockers Indonesia ini, saya tuliskan dan buat di pdf, berdasarkan kebutuhan ketika partner di komunitas lain memerlukan informasi tentang komunitas hammock. Slide sebelumnya sangat sederhana dengan informasi sederhana pula. Biasanya materi ini, dibawakan saat perkenalan komunitas.

Beberapa informasi saya peroleh secara tertulis dari Jaka Ady dan Mardiansyah. Lainnya dengan bercerita pada Fuad Iqsan dan Ryan Akbarulloh, teman yang sering jadi tempat bertanya cerewet saya soal komunitas ini.

Pengembangan dari informasi Hammockers Indonesia (HI), saya peroleh dengan masa berjalan. Proses, main ke berbagai regional, berkenalan, berdiskusi, bercerita ringan, bertanya, semua dilakukan  sesuai apa yang saya dapat di perjalanan.

Semua ini dilakukan tanpa paksaan. Saya melakukannya karena suka. Dan tidak ada pembiayaan sama sekali (dari pihak manapun) ketika saya berkelana di 2016-2017 lalu. Main ke berbagai regional atau sebutan korwil untuk lingkup kecilnya, pure karena saya ingin melakukannya. Menyambung silaturahmi, mungkin begitu.

Berikut, saya jabarkan dalam bentuk tulisan yah 😉

***

Santai bercerita di hammock bareng Hammockers Jawa Timur.
Doc @joelbastard

Komunitas Hammockers Indonesia

Hammocking bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Tidak mengenal batasan perbedaan.

Perkembangan pesat terjadi pada komunitas ini. Tidak selalu berada dalam lingkup kesatuan komunitas, di luar pun berusaha bersisian dan bekerjasama dengan komunitas lainnya. Bertemu, bermain, mengenal, sharing, dan sosialisasi (safety hammock) adalah tujuan selanjutnya yang akan terus diupayakan.

Komunitas ini terbuka bagi siapapun yang ingin tergabung didalamnya. Tidak perlu mempunyai kemampuan khusus tentang hammock. Karena pada dasarnya, komunitas ini lebih kepada saling bertukar informasi dan bercerita.

***

Hammock Elements

Hammock disebut juga ayunan. Hammockers adalah pengguna ayunan.

Hammocking adalah kegiatan yang dilakukan saat berada diatas hammock. Misal duduk, bercerita santai, bahkan tidur.

Perlengkapan dasar hammock sendiri, sangat sederhana. Terdiri dari hammock, webbing atau rope, suspensi hammock (carabinner, ring-o, s-hook atau shackle) serta flysheet.

Penambahan perlengkapan lainnya bisa ditambahkan dengan gearloft, lampu tenda/headlamp/senter serta peapod atau underquilt (tergantung lokasi).

BacaPerlengkapan Sederhana Menggantung Hammock

***

Behind the Scene

Terbentuk pertama kali di Gunung Bunder, Bogor (24/01/15) karena beberapa penggiat outdoor yang sering hammock camp (hamping = hammock camping) bersama. Sekitar 7-8 orang yang hamping.

Dari sekadar obrolan santai, hamping, maka diusulkanlah membentuk wadah penggantung ini untuk menunjang kegiatan dan sharing hammock.

***

Ganthering Nasional

Pertama kali dilaksanakan di Cikole Downhill Track, Lembang Bandung, 06-07 Juni 2015. Sebanyak 250 orang peserta, panitia, pendukung acara dan sponsorship bergabung disana.

Beberapa acara diketengahkan guna mendukung kegiatan hammock yakni 30 hammock tower, slackline, highline, navigasi darat, mammock, moon chair, sharing hammock, fire camp, serta pengenalan produk.

Acara ini digelar langsung dengan niat berkumpul, ajang bertemu dengan semua penggiat outdoor yang mungkin nantinya akan tertarik dengan hammocking.

Gathnas kedua dilaksanakan di Curug Layung, Bandung, 10-12 Desember 2016. Peserta yang hadir sebanyak 200 orang berikut panitia, pendukung acara dan sponsorship.

Kegiatan yang diusung berupa slackline, mammock, pengenalan safety hammock, tentsile, talkshow, dan games.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

***

Member HI

Saat ini, komunitas Hammockers Indonesia di media sosial, sudah mempunyai member. Diantaranya:

  1. Facebook 5.800+ members
  2. Instagram 9.190+ followers
  3. Twitter 565+ followers

Masing-masing member terbagi di beberapa regional, walaupun belum semua menjadi bagiannya. Oiya, penambahan members/followers bisa dilihat pada sosmed langsung yah..

***

Regional HI

Resmi tercatat dan terdaftar di official Hammockers Indonesia, sudah memiliki 14 Regional menurut domisili member berada, yaitu:

  1. Dki Jakarta
  2. Banten
  3. Jawa barat
  4. Jawa tengah
  5. Jawa timur
  6. Kalimantan selatan
  7. Kalimantan timur
  8. Kepulauan riau
  9. Sulawesi selatan
  10. DI Yogyakarta
  11. Sumatera barat
  12. Jambi
  13. Sumatera Barat
  14. Sumatera Selatan

*update terakhir 2017. Karena salah satu sosial media HI terkendala, off sementara.

Sebagai catatan, bahwa regional-regional ini, tidak terikat secara khusus kepada Hammockers Indonesia. Semua regional berhak membuat acara, mengundang komunitas lain dalam tiap kegiatannya. Tidak ada alur disposisi tugas dan lainnya. Karena sekali lagi, komunitas ini bukan organisasi.

Regional juga berhak menjadi media partner atau support tim di kegiatan komunitas lain. Tidak ada aturan baku yang mengharuskan pelaporan dan sebagainya.

***

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Logo Regional dan Korwil HI

Beberapa logo tertampil, merupakan logo-logo komunitas hammockers yang sudah pernah bekerjasama, berkegiatan di masing-masing wilayahnya.

Tidak ada aturan khusus juga untuk pembuatan logo-logo ini. Bebas berkarya dan berkreasi serta menjaga nama baik masing-masing komunitas hammocknya, diharapkan menjadi tanggungjawab komunitas.

Jika merasa perlu untuk menggunakan logo Hammockers Indonesia, bisa mengirimkan email sementara kepada Rio Candra Kusuma @rio.c.kusuma atau Irma Kusumadewi @irmaakusumaa atau @ejie_belula. Mungkin karena tidak adanya struktural, maka Hammockers Indonesia pun tidaklah saklek.

Penggunaan logo komunitas diharapkan digunakan untuk keperluan berkegiatan yang tidak merugikan salah satunya atau merusak nama komunitas.

***

Kegiatan HI

Dalam berbagai kegiatannya yang terangkum, HI tidak hanya berkegiatan dalam tubuh HI saja. Terkadang berkolaborasi, menjadi partner dengan komunitas, kelompok, golongan mana saja yang membawa dampak baik serta bisa saling sharing informasi.

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah:

  1. Kumpul bersama (kopi darat) di wilayah domisili
  2. Hammock camping yang bisa dilaksanakan di pulau, bumi perkemahan. Tempat wisata yang mendukung, dll.
  3. Penggalangan dana korban bencana alam
  4. Partisipasi booth pada event outdoor
  5. Hammock sharing
  6. Sosialisasi menggunakan pengaman keselamatan dalam berhammocking
  7. Kolaborasi kegiatan dengan komunitas/media partner, sponsorship lain.
  8. Review gear
  9. Lain-lain

***

Komunitas dibentuk untuk menyelaraskan, bukan beradu

Cerita HI ini, banyak yang bisa disharing loh. Jika teman-teman hammockers senang melakukan kegiatan hammocking, bisa menuliskan, membagi info bermanfaat di sosial media yang ada. Harapannya, komunitas ini bisa langgeng meski ada pro kontra, semoga tidak bermaksud memecahbelahkan.

Naik turun komunitas itu biasa, bukan? 🙂 Yuk, saling berbagi cerita hammock. Bertemu di pohon selanjutnya yah kita, teman-teman…

See you at the next trees and keep safety your hammock, peeewws (jie)

***

Keep contact with us:

FB: Hammockers Indonesia

IG: @hammock_id

Tweet: @hammockersID

Hamping yihaaa… hammock camping hammockers di Bogor
Doc Jessa @masdiro

 

 

 

Iklan