Hammockers Indonesia

Review Prototype Uttara_Ind: Underquilt Foil Multifungsi yang Sederhana (Seri Tenda)

Pilihan underquilt itu, banyak macamnya. Yang langsung dengan bahan isian super hangat, hingga yang lepasan. Intinya tinggal bagaimana kita merasa nyaman saja dengan penggunaannya. Berikut adalah review prototype flying mattress yang sedang dalam tahap pembuatan dengan melalui beberapa proses percobaan. Salah satunya pada saya yang tak kuat dingin. Mari mencoba.

Underquilt foil @uttara_ind
Doc pribadi

***

Hammock dan Cuaca

Saya tipe orang yang suka berpetualang ke medan manapun, termasuk dengan tempat dingin. Meski tahu, tidak kuat dengan kondisi dingin yang amat sangat, beberapa hal perlu saya persiapkan untuk melindungi tubuh yang rentan terhadap dingin.

Hal lain yang saya sukai selain tidur di tenda adalah mencoba hal-hal yang berkaitan dengan hammock. Ya, tempat tidur gantung yang buat sebagian orang, mungkin masih terlalu asing, aneh, atau sedikit konyol bila mendengar atau tahu bahwa saya akan tidur di hammock. Selama masih ada pohon dan lokasi memungkinkan bagi saya tidur di hammock, selama saya membawa gear hammock lengkap, tentu tetap akan mencobanya.

Tidak tidur sekadarnya saja bermodalkan hammock, tapi kelengkapan lainnya akan dipenuhi sesuai dengan lokasi dimana saya bisa menggantungkan ayunan kesayangan tersebut.

Apapun gear yang berkaitan dengan kegiatan luar ruangan khususnya hammock, jika dipercaya untuk mereview, menuliskannya tentu dari sudut pandang saya sebagai seorang pengguna.

Baca: Mengenal Hammock

***

Paket Review Prototype

Sebuah pesan masuk dari Uttara_Ind , menanyakan apakah saya masih suka kemping dengan menggunakan hammock? Saya jawab, iya. Lalu pembicaraan mengalir terkait warna ceria yang biasanya saya suka karena kebutuhan content. Kemudian sedikit penjelasan mengenai barang yang masih menjadi prototype tersebut. Barang ini disebut sebagai underquilt foil (UQ foil).

Beberapa hari kemudian, barang tersebut tiba di rumah. Mengingat barang yang saya terima berhubungan dengan hammock untuk mengetes kadar dingin pada tubuh, jadilah saya mencari informasi kemping selama 3 hari ke depan. Tentunya saya membutuhkan informasi tempat yang dingin agar bisa mengetes produk tersebut.

Dan tanpa direncanakan pula, saya akhirnya mendadak menerima ajakan tak terduga di 3 jam sebelum keberangkatan ke Malang, Jawa Timur. Bisa menebak saya kemping dimana? Hhehhe

Baca: Underquilt, Selimut Pelindung Body Hammock

***

Pemilihan Nama

Awalnya, belum ada nama apapun yang saya ketahui tentang barang yang akan saya review, underquilt foil bagi hammock. Setelah selesai tes produk, nama baru diberikan pada saya, Flying Mattress.

Hmm, asik juga, karena kebutuhan utamanya memang ditujukan untuk underquilt hammock (lapisan penghangat bawah luar hammock) agar tidak terjadi bottom freeze (dingin yang menyerang bagian punggung hingga kaki), ayunan yang menggantung. Walau pada dasarnya, Flying Mattress ini peruntukkannya digunakan pada berbagai fungsi.

Flying Mattres (underquilt foi) @uttara_ind
Doc Uttara

***

Spesifikasi

Packingan awal, Flying Mattress ini berupa gulungan yang diikat di dua sisi. Packingan masih utuh hingga saya membukanya di lokasi kemping.

  1. Berat beban nol koma ….. (timbangan saya tidak ada angkanya. Jadi perkiraan saya kurang dari setengah kilo juga).
  2. Ukuran 200 x 100 cm.
  3. Barang berupa matras alumunium foil, dilapis bahan kain waterproof.
  4. Mempunyai 2 buah tali pengikat gulungan Flying Mattress.
  5. Barang dikemas dengan cara digulung dan diikat.

Menurut saya saat itu, tali bisa digunakan entah untuk apa di bagian Flying Mattress.

UQ yang ditimbang.
Doc pribadi

***

Hasil Review

Di bawah ini merupakan hasil tes produk prototype Uttara_Ind yang saya lakukan di Ranu Kumbolo. Tidur dalam tenda menggunakan Flying Mattress.

Karena bahannya sederhana dan multifungsi, maka saya akan membagi tulisan menjadi dua. Seri tenda dan seri hammock. Artinya, akan saya coba di kedua media berbeda, melihat dari fungsinya yang dapat dipakai saat tidur.

Berikut review saya untuk pemakaian UQ foil di tenda:

Multifungsi

Rombongan kami tiba di kemping area Ranu Kombolo, Gunung Semeru 3.676 Mdpl saat malam. Jam tangan saya menunjukkan pukul 19.50 Wib. Kami mencari lokasi untuk mendirikan tenda.

Jujur, saya sama sekali belum pernah ke Ranu Kumbolo (Rakum). Jadi belum tahu posisi pohon dimana untuk menggantung hammock. Dan hampir kesepuluh teman baru saya, mempersiapkan diri dengan tidur dalam tenda. Sedangkan teman hammock saya, Ucrok juga tidak menyarankan saya tidur jauh dari rombongan (posisi pohon dan tenda lumayan jauh), dikarenakan angin cukup kencang malam itu. Saya akhirnya ikut tidur di tenda dengan beberapa pertimbangan.

Ketika chat-chat dengan Uttara_Ind ada hal yang saya ingat, bahwa Flying Mattres UQ foil juga multifungsional. Bahannya yang terdiri dari perpaduan matras alumunium foil dan bahan waterproof, membuatnya bisa dijadikan sebagai alas juga tidur di dalam tenda.

Nah, untuk meminimalisir udara dingin, akhirnya saya menyiasati posisi tidur dengan masuk dan menyerut kedua ujungnya (bagian kepala dan kaki) yang memiliki stopper sehingga seperti kepompong dalam hammock.

UQ sederhana yang terdiri dari matras alu dengan lapisan luar bahan waterproof.
Doc @wan_qwong

Penggunaan Flying Mattress di Tenda

  • Memakai jaket, selimut, sarung tangan dan kaus kaki.
  • Tersedia matras sebagai alas dasar dalam tenda.
  • Sleeping pad diatasnya.
  • Flying Mattres saya gunakan seperti tidur di hammock.

Kelebihan

  • Serut bagian kepala dan kaki yang ada tali ber-stopper untuk mengurangi kadar angin masuk agar tidak merasa dingin.
  • Matras alu adalah penghantar hangat yang baik, sehingga membuat tubuh tetap dalam kondisi stabil tanpa merasa kedinginan.
  • Multifungsinya bisa digunakan baik sebagai matras pada tenda, maupun dipakai sebagai UQ hammock.

Kekurangan

  • Loop yang ada di tengah, menjadi PR ketika kantuk menyerang.
  • Tidak bisa cepat memasukkan tali yang tadinya digunakan untuk mengikat gulungan Flying Mattress ke loop.
  • Ukuran tali pengikat cukup besar, sehingga harus membuka ikatan di satu sisi agar bisa masuk ke dalam loop untuk menjaga insulasi dalam Flying Mattres.

Alternatif Saran

Supaya tidak sobek karena hanya matras alu tanpa isian, mungkin bisa memakai:

  • Velcro
  • Zipper
  • Buckle (masukan dari Uttara_Ind)

Buat 4 titik (bagian kepala, tapi sisakan buat bernapas) atau dagu dan buat 2 dekat bagian badan, serta dekat kaki.

Zipper dan buckle, jika dipasang, orang yang ada di dalam kemungkinan tidak bebas bergerak. Posisi tidur begitu saja, kecuali dengan sengaja ingin merubah posisi. Sedangkan velcro, masih bisa bebas bergerak. Pilihan tergantung kepada pengguna. Jika tahan dingin atau merasa suhu udara saat itu biasa saja, mungkin tidak harus dipasang velcro, zipper maupun buckle tersebut.

***

Tenda Rasa Hammock

Prototype Flying Mattres ini, masih tahap uji coba pertama, belum diproduksi secara massal. Uji coba pun masih dilakukan pada penggunaan dalam tenda karena multifungsi. Selanjutnya akan dicoba pada hammock.

Penggunaan sleeping bag (selimut tidur) tetap harus dibawa dan dipakai sesuai dengan suhu udara di lokasi kemping. Atau jika lepasan seperti Flying Mattress (UQ foil) review saya, setingannya dapat menambahkan top quilt lagi di atasnya.

Kemarin ketika saya memakai barang review tersebut dan  tidur dalam tenda, tetap saja saya memperlakukannya seperti sedang berada dalam hammock. Setelahnya, saya bisa tidur dengan nyenyak hingga pagi menjelang.

Kadung keenakan diayun tidur dalam hammock, waahaahhha… Hoaaammm (jie)

Baca: Perlengkapan Sederhana Menggantung Hammock
Cara menyerut tali berstopper pada UQ.
Doc @wan_qwong

***

 

 

 

Iklan

6 tanggapan untuk “Review Prototype Uttara_Ind: Underquilt Foil Multifungsi yang Sederhana (Seri Tenda)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s