wisata kota

Tergoda Si Kenang di Semarang

Para blogger vlogger kondang. Ki-ka: @lenny-diary @kopertraveler.id @disgiovery @mysweetescapediary
Doc by Moy

Bukan ajakan mengenang mantan, tenang saja. Si gagah mentereng dengan warna membara ini, akan mengenalkan Kota Semarang dengan ramah. Tinggi besar dan nyaman. Kalau jalan-jalan bersama, pasti akan melindungi kita secara aman. Waaahh… โค !

***

Si Merah Menggoda

Terik dan silau.

Kamu yang menggoda!
Doc pribadi

Padanan hitam-pink yang saya gunakan kali ini, memaksa mata kantuk letih, beringsut turun dari bus. Begitu kaki melangkah turun di tangga akhir, pandangan ceria di sekitar kawasan Kampung Pelangi dengan warna-warninya yang menggoda, menyegarkan hati. Udara segar juga membantu tubuh menjadi ceria. Aura penjelajahan, merasuki ruang paru-paru.

Bus pariwisata yang membawa teman-teman blogger, vlogger Indonesia-Malaysia bersama Dinas Pariwisata Kota Semarang di hari kedua ini, mengagendakan Jalan Dr. Sutomo sebagai salah satu persinggahan kami.

Turun dan hamburan teman-teman bukan mengarah ke tujuan dimaksud lebih dahulu, tetapi tatapan mata tak kuasa melihat si gagah yang berdiri di depan kami. Otomatis, semua pun beraksi dengan bidikan kameranya. Berfoto dan mencari tahu tentangnya. Hhahahahaha… ya ampun!

Berdiri di ujung sana, sebuah kendaraan, transportasi wisata Semarang, berwarna merah menyala. Tinggi karena bertingkat, mencuri perhatian kami. Sebuah awal yang menarik!

Wohooo.. merah memang menarik aura kami sih, sampai menghambur begitu. Untungnya mobil, kalau orang, sudah berebutan meluk, kali. Seperti artis begitu ya? ๐Ÿ˜

***

Interior Double Decker

Ya, ya, Si Kenang namanya. Bus tingkat dua yang disebut double decker seperti kendaraan di Inggris ini menjadi andalan wisata Kota Semarang bagi para pelancong.

Si Kenang adalah singkatan Semarang Istimewa, Kotanya Enak di Pandang. Siapapun bisa mengakses bus ini dengan mudah. Gratis pula.

Untuk bisa ikut naik, dan berkeliling Kota Semarang, Anda cukup menunjukkan kartu identitas berupa KTP. Kartu akan ditukar dengan kartu tiket gratis seperti pengenal kalau berkunjung ke suatu tempat.

Kartu tiket yang ditukar dengan identitas diri.
Sumber google

Jangan hilang, ya! Sebab kartu berwarna dasar putih berlogo Dinas Perhubungan dan Pemerintah Kota Semarang di sudut kanan-kirinya ini, setelah digunakan, akan ditukarkan kembali dengan identitas yang tadi telah dititipkan. Di bagian biru bertuliskan Yuk, Muter-muter Semarang, serta nomor bangku yang tertera pada bagian kuning atau biru.

Cukup mudah untuk membuat orang yang mendaftar bisa duduk sesuai nomor yang diperoleh.

Memasuki pintu masuknya, mata saya tertuju pada interior ruang yang apik. Merah! Wah, warna merah begitu mendominasi bagian dalam ruang bus ini. Sedikit sentuhan abu-abu dan hitam menjadi penetralnya.

Lantai satu yang berada di bagian utama pintu, tersedia beberapa bangku. Semua menghadap ke arah jalan, tidak ada yang duduk menyamping.

Dari arah pintu, kami berjalan ke bagian kemudi bus bertingkat ini. Mencoba bangku pengemudi. Empuk dan bangkunya otomatis akan menyesuaikan posisi dan ketinggian pengemudi.

Begitu duduk, bangku akan bergerak secara otomatis naik atau turun. Mungkin berfungsi agar kaki bisa menyentuh dan menginjak pedal senyaman posisi duduk pengemudi. Untung sudah mencoba duduk, jadi bisa menjabarkannya. Keren euy

Diantara tempat duduk penumpang dan pengemudi, terdapat bufet yang berisi kotak-kotak kartu penumpang, serta beberapa alat serta kebutuhan bus double decker ini.

Tangga naik menuju lantai dua, berada di posisi belakang.

Lantai dua ini, jauh lebih luas. Berkapasitas 70 bangku dengan 2-2, membuat deretan bangku terlihat rapi dan nyaman. Kapasitas bangku terbagi atas 12 bangku berada di lantai satu, sedangkan 58 bangku lainnya berada di lantai dua. Pada barisan belakang, terdapat 5 bangku dengan jargon Si Kenang. 50 bangku utama ini, letaknya ya di atas.

Jendela-jendela di lantai dua, terlihat lebar, meluaskan pemandangan para pelancong yang duduk menikmati pemandangan Kota Semarang. Ahh, senangnyaaaa…

Salah satu spot di Jalan Dr. Sutomo yang bisa dikunjungi ketika naik Si Kenang.
Doc by @kulkasgendong

Seorang pengunjung baru saja naik dan duduk di bangku atas. Tempat kami sibuk mengambil gambar di tiap sisinya. Kakek dan cucu laki-lakinya yang masih duduk di Sekolah Dasar, habis berjalan-jalan santai di Kampung Pelangi. Dikatakannya, bahwa bus yang dinaikinya itu, baru pertama kali ia berkeliling mengikuti rute bus tersebut.

โ€œSaya mengajak cucu jalan-jalan, mbak. Mumpung sedang akhir pekan. Kebetulan, saya juga belum pernah naik Si Kenang ini. Biar sekalian ikut senang,โ€ ujar kakek ramah yang warga Semarang ini.

***

We R
Doc @kulkasgendong

Jadwal Operasional

Beroperasional antara pukul 08.00, 11.00 dan 15 wib, bus ini akan singgah di dua lokasi. Kampung Pelangi, Jalan Dr. Soepomo dan Taman Srigunting, Kota Lama Semarang. Masing-masing lokasi pemberhentian akan diberikan waktu 15 menit untuk berfoto, menjelajah maupun menikmati kuliner yang ada.

Jika Anda berniat naik Si Kenang, pemberangkatan awal di mulai dari Museum Ronggowarsito, Jalan Abdul Rahman Saleh Nomor 1, Kalibanteng Kidul, Semarang.

Bus yang beroperasi sejak Oktober 2017 ini, akan berkeliling Kota Semarang mulai hari Selasa-Kamis, di waktu yang tidak terlalu padat untuk menikmati wisata kota.

Akhir pekan, Jumโ€™at-Minggu, merupakan hari favorit, dimana antrian bus double decker tersebut akan penuh dengan pelancong yang datang dari berbagai kota. Sementara Senin, mereka akan libur. Hal ini dilakukan agar memberi kesempatan istirahat bagi pengemudinya.

Jam operasional akhir pekan juga akan bertambah, yakni di pukul 19.00 wib.

Sudah berpikir menikmati wisata Kota Semarang dengan Si Kenang yang gagah ini? Banyak tempat yang bisa kita nikmati loh. Kampung Pelangi, Taman Kasmaran, juga Pasar Bunga yang ada di sekitar Jalan Dr. Sutomo. Lalu, bisa pula menikmati Pasar Klithikan, Gereja Blenduk, Semarang Kreatif Gallery, 3D Art dan sekitar daerah Taman Srigunting, Kota Lama Semarang.

Yuk, keliling bareng si merah menggoda ini. Jangan lupa siapkan bekal dan bawa tumbler ya dalam daypackmu. Have fun! ๐Ÿ˜‰ (jie)

***

Familiarization Trip Semarang Hebbat 2018
Bersama Dinas Pariwisata Kota Semarang, blogger, vlogger, Indonesia-Malaysia
4-5 Mei 2018
Dalam Rangka HUT ke 471 Tahun Kota Semarang

 

So in ๐Ÿ’— with this red.
Doc by @disgiovery

 

 

 

 

 

 

Iklan

4 tanggapan untuk “Tergoda Si Kenang di Semarang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s