Hammockers Indonesia

Webbing Series: Pasang Hammock Praktis dengan Loop Straps

Loop straps made by Ticket To The Moon.
Doc pribadi

Mengikuti alur satu tema, rasanya belum cukup buat dikulik ya? Dari cara memasang webbing sederhana dan webbing dengan simpul, yang juga simpel pada hammock, pertanyaan beruntun datang. Tentang webbing yang tinggal pasang saja. Well, as your wish, letโ€™s write about that ๐Ÿ˜‰

***

Loop straps.
Doc pribadi.

Webbing Simpel

Menyambungkan body hammock ke tree hugger, selain menggunakan tali/nautical rope, bisa pula memakai webbing (flat webbing atau tubular webbing). Webbing adalah anyaman yang terdiri dari serat. Penggunaan tali/webbing sama saja pada pemasangan hammock. Melilitkan dan mengikat hammock pada batang pohon pilihan.

Pemasangan hammock pada awalnya murni menggunakan webbing/tali. Membuat lubang bagi tali ujung lainnya masuk sebagai pengunci, atau melilitkannya langsung ke pohon.

Sebelumnya, saya menulis penggunaan hammock dengan webbing datar biasa. Atau lebih kepada berkreasi menggunakan simpul-simpul sederhana. Kali ini, berbagi tentang bentuk lebih sederhana dan mudah dalam pemakaian webbing hammock.

Baca:ย Webbing, Si Tali Pipih Berjuta Manfaat

***

Loop tunggal yang biasanya terdapat pada hammock, sebagai pengikat.
Sumber: Google

Pembagian Pemasangan Hammock

Pada perkembangannya, industri dunia hammock, makin kreatif. Produsen tidak hanya menjual, tetapi juga memikirkan bagaimana waktu pemasangan hammock, gear ringan yang mendukung dan simpel dengan keamanan yang tetap terjaga.

Dalam pembelian strap pun, kebanyakan orang akan memesan loop straps daripada webbing polos yang dirangkai sendiri dengan simpul. Untuk merangkai simpul, tidak susah. Banyak tutorial yang bisa kita pelajari dan mencarinya di internet. Kalau mau belajar langsung, bisa mengikuti kegiatan hammocking atau belajar kepada teman-teman yang sudah paham mengenai simpul sederhana bagi hammock.

Simpul yang kita buat, dapat disesuaikan keperluan. Rata-rata simpul yang digunakan adalah simpul dasar yang mudah diikuti panduannya pada penggunaan hammock.

Sebelum membeli, beberapa teman kerap bertanya. Memberi penjelasan, adalah mutlak. Agar pengguna hammock, tidak sekedar memakai, tetapi juga belajar mengenali hammock serta peralatan hammocking yang dimilikinya.

Jika diurutkan, pemasangan hammock terbagi atas:

  1. Cara manual biasa dengan simpul.
  2. Cara praktis dengan loop straps.

***

Loop straps.
Sumber: Google

Loop Straps

Loop yang berarti lingkaran adalah lubang-lubang kecil yang dijahit pada webbing untuk memudahkan pemasangan pada hammock. Loop ini dimaksudkan untuk mengaitkan suspensi hammock agar bisa menggantung. Jarak antar loop dibuat berdasarkan kebutuhan pakai.

Kebutuhan memanjat dalam wall climbing, atau panjat tebing, jarak dan kekuatannya (dimana membuatnya dengan simpul maupun jahitan), tentu akan berbeda dengan kebutuhan hammocking. Yang membuatnya sama adalah menahan beban.

Pada hammock, beban yang dipakai, mungkin tidak seperti wall climbing atau panjat tebing.

Biasanya terdapat beberapa loop dalam satu webbing. Berkisar antara 10-12 loop (tergantung brand). Banyaknya loop tersebut, membantu kita dalam memasang hammock. Lihat jarak ideal antar pohon sebelum memasang hammock. Jaraknya tidak lain antara 4-6 meter.

Panjang webbing yang sudah tersedia loop, umumnya sekitar 2,5 meter. Agar hammock Anda bisa terpasang, maka kita akan mempunyai 2 straps untuk sisi pohon yang berbeda.

Loop straps bisa dicustom, tergantung keperluan. Atau bisa dibeli yang sudah tersedia.

***

Memasang Hammock dengan Loop Strap

Over hand on bight. Salah satu simpul yang bisa dipakai sebagai loop pada hammock.
Sumber: Google

Pembuatannya yang sudah memudahkan pengguna hammock, membuat kita bisa dengan cepat memasang webbing ini. Tidak memerlukan waktu lama.

Cara memasang hammock menggunakan loops straps, yakni:

  1. Lilitkan loop straps pada pohon. Bisa 1-2 lilitan jika ingin aman.
  2. Sesuaikan dengan jarak pohon, tarik kencang webbing melewati loop.
  3. Jika sudah terpasang di kedua pohon, kaitkan suspensi hammock pada kedua loop straps di masing-masing pohon.
  4. Pastikan hammock sudah terpasang dengan baik, aman dan nyaman bagi tubuh saat duduk atau berbaring di atasnya.
  5. Hammock siap dinaiki.

Baca:ย Suspensi Hammock

Kelebihan loops straps:

  1. Praktis.
  2. Mudah digunakan.
  3. Packing mudah (digulung atau dilipat).
  4. Ramah lingkungan (pohon).

Pastikan loop terpasang dengan baik agar nyaman di atas hammock.

Baca: Webbing Knots

***

Semoga tulisan ini bisa membantu yaa.. Mohon maaf kalau masih banyak kekurangan dalam penulisan ini. Jika ada pertanyaan, silahkan ke kolom komentar. Hhhehehh… Happy hammocking, keep safety your hammock, yeap ๐Ÿ˜€ (jie)

Penjelasa webbing di Hammock and Share Backpacker Jakarta, Februari 2017 di Loji, Bogor.
Doc by tim KF BPJ
Iklan

8 tanggapan untuk “Webbing Series: Pasang Hammock Praktis dengan Loop Straps”

  1. Saya sering menikmati Hammock dibeberapa moment trip. Tapi baru kali ini saya tau gmana cara pasang si Hammock itu dari ujung Ke ujung wkwkwkkwkw ketahuanlah saya yang cuma tinggal terima jadi ajaaaa wkwkwkw thanks lhoooo dah share info bermanfaat begini. Lain waktu Aku bisa pasang sendiri dengan bantuan peralatan yang di sampaikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s