wisata kota

Empat Belas Ribu dari Bandung ke Jakarta

Kereta api, transportasi sesuai jadwal yang banyak diminati sebagian besar pejalan. Moda transportasi ini, kini bisa dengan mudah diakses. Tidak hanya jadwalnya saja, kita pun bisa memesan tiket secara online. Pun tidak hanya jarak tempuh jauh saja, jarak dekat juga ada. Seperti penasaran saya, ketika mencoba kereta api lokal jalur Bandung-Purwakarta-Jakarta.

Lihat gerbong ini di Lawang Sewu, Semarang.
Doc pribadi.

***

Transportasi Pilihan, Bandung-Jakarta

Jalan-jalan kemana saja, banyak pilihan kendaraan. Mau kereta, bus, travel, atau numpang? Bebas sih. Pilihan kali ini, kereta.

17 Juni 1864 merupakan pencangkulan jalur kereta api yang dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele. Pencangkulan tersebut adalah jalur kereta api Semarang-Vornstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen.

Pembangunan jalur kereta api berkembang hingga di beberapa daerah luar Jawa, yaitu Sumatera (1876-1914) dan Sulawesi (1922). Bukan hanya angkutan bagi kita (manusia) saja, tetapi kereta api sebagai angkutan barang. Kini kereta api semakin mengalami perkembangan dengan kemajuan zaman.

Baca: Tentang KAI_Sejarah

Cerita tentang kereta, tadinya saya mau naik bus pulang ke Jakarta. Atau hitchhike. Tapi entah kenapa, saya kepengin putar jalan mampir ke Purwakarta.

Alasannya sederhana. Mau lihat kedai kopi Misbah (Hammockers Purwakarta), dan ketemu beberapa teman yang agak jarang berjumpa. Walaupun hanya sekedar mampir bercerita, rasanya cukup.

Alasan inti sebenarnya, mau mencoba kereta api lokal Bandung-Purwakarta-Jakarta. Menurut info yang pernah saya baca, naik kereta api, bisa menjadi pilihan lain bagi pejalan yang ingin menghemat pengeluaran. Tentunya harus siap waktu juga. Hitungannya ya estafet kereta api. Sambung-menyambung kereta api dengan menyesuaikan jadwal keberangkatan kereta.

Oiya, kereta api lokal ini, berhenti di setiap stasiun kereta.

Saya bertanya banyak pada Ewin dan Euis (Hammockers Baraya) tentang informasi kereta api. Maklum, saya lebih sering bertanya langsung, baru kemudian mencari informasi lainnya di internet.

Selain itu juga bertanya pada Vina (Hammockers Purwakarta) yang hapal jadwal kereta api Purwakarta-Jakarta. Harus bertanya untuk memastikan dan memadukan jadwal kepulangan saya.

Sumber Google

***

KA Bandung-Purwakarta

Informasi Ewin, jurusan dari Bandung ke Purwakarta, bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam dengan kereta api. Stasiun KA Bandung menjadi salah satu pilihan saya.

Jadwal KA lokal dari Bandung ke Purwakarta (nomor KA 395):
Stasiun Kiaracondong, datang pukul 11.30 wib
Stasiun KA Bandung, datang pukul 11.50 wib
Stasiun KA Padalarang, datang pukul 12.45 wib

Harga tiketnya IDR 8K.

Mungkin untuk tahu jadwal lainnya, bisa cek di Google. Catatan saya sesuai dengan kereta tujuan saya saja.

Supaya bisa main di Purwakarta, saya naik kereta siang. Tinggal datang langsung ke loket dan beli. Saran saya, belilah tiket kereta satu jam sebelum keberangkatan.

Naik kereta api lokal ngga ada nomor bangkunya. Jadi bebas sih, pilih duduk dimana saja. Kalau beruntung bisa duduk dekat jendela lebarnya kereta, biar bisa foto-foto pemandangan. Ya kan?

Tiket kereta Bandung Purwakarta dengan jam keberangkatan 12.20 win dan tiba di Purwakarta 14.53 wib.
Doc pribadi.

***

KA Purwakarta-Jakarta

Habis main di Purwakarta, kalau mau lanjut naik kereta api dari Purwakarta ke Jakarta. Jangan lupa di pas-in waktunya.

Jadwal KA lokal Purwakarta ke Jakarta, ada 3 kali kedatangan, yakni:
Pukul 05.20 wib
Pukul 13.40 wib
Pukul 14.25 wib

Harga tiket kereta api Purwakarta-Jakarta, IDR 6K.

Jadwal KA lokal keberangkatan siang dan sore.
Doc by Irma Kusumadewi

Ini saya naik keretanya, bukan di saat bersamaan ketika pulang dari Purwakarta ke Jakarta sendiri. Tapi beberapa kegiatan berbeda dengan beda komunitas ataupun jalan sendiri. Tujuannya waktu itu ke Stasiun Senen, Tanjung Priok, dan Jatinegara di Jakarta. Biasanya saya turun di sekitar stasiun itu kalau keretaan dari Purwakarta.

Bareng Benten BPJ #10 ketika main ke Purwakarta.
Doc Benten BPJ

 

***

Catatan Lain

Informasi yang saya buat ini, di luar ongkos dari tempat utama ke stasiun.

Catatan ongkos (biaya transportasi) ke Stasiun KA Bandung:
Rumah Surya ke perempatan Jl. Kopo, gratis, diantar Surya naik motor.
Jl. Kopo ke Ijan, naik angkot Soreang (warna hijau) jurusan Ijan, IDR 5K.
Ijan ke Stasiun KA Bandung, naik angkot Elang (warna merah-hijau), IDR 5K.

Catatan ongkos (biaya transportasi) ke Stasiun Purwakarta:
Rumah Vina ke Stasiun Purwakarta, gratis, diantar Vina dan Misbah.

Sebenarnya kalau dari rumah Vina, lebih dekat ke Stasiun Plered. Hheheh kan mau main, jadi ya jalan-jalan dulu deh. Ke museum yang ternyata tutup, dan ketemu mang Wiku yang toko outdoornya ngga jauh dari Stasiun Purwakarta.

Bagaimana? Murah meriah kan pulang ke Jakarta, selain alternatif naik bus dari Bandung? Jadi bisa hitchhike dan bus, atau kita juga bisa naik kereta api lokalnya. Biar ngga bingung, bisa cek langsung jadwalnya di informasi terkait mengenai jadwal kereta api lokal. Banyak kok pencarian di internet.

Ya semoga saja, tulisan ini bisa menjadi pilihan buat yang waktunya agak luang ya? Atau mungkin kepengin coba naik kereta api dari Bandung ke Jakarta. Biar ada cerita lain buat disisipkan dalam postingan foto, maupun tulisan kamu. Mau coba? (jie)

Doc pribadi

***

 

 

 

 

Iklan

32 tanggapan untuk “Empat Belas Ribu dari Bandung ke Jakarta”

  1. Kak Ejie, sewaktu aku nulis komen ini, aku lagi di Purwakarta loh. Naik kereta yang cuma bayar 6 ribu rupiah. Keretanya ada AC bikin adem. Kapan2 kucoba ke Bandung juga deh. Thanks infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s