Hammockers Indonesia

Kenalan Dengan Hammock Jumbo Yuk!

Jika hammock biasa dipakai per orang maupun berdua ketika duduk santai, maka hammock besar bisa dipakai dengan banyak orang. Tidak penuh juga, karena ada kapasitas tertentu dalam berat beban hammock besar. Sudah pernah naik hammock seperti ini?

Hammock biasa yang diperuntukkan bagi pribadi atau bisa duduk berdua.
Doc and taken by Debi Harisona

***

Fungsi Hammock

Hammock atau ayunan kekinian dengan banyak model, kini sudah menjamur. Bukan hanya model dan motifnya saja, tetapi juga bentuknya.

Pada dasarnya, hammock digunakan sebagai tempat duduk yang juga berfungsi sebagai pengganti kursi. Medianya adalah pohon, tiang rumah, batu tebing, atau media lain yang berpasangan bisa dijadikan pondasi.

Disamping itu, hammock juga berfungsi sebagai tempat tidur penganti tenda. Tergantung kebutuhan dan lokasinya jika kita tengah berkegiatan di luar ruangan (alam, misalnya). Bawaan yang ringkas, membuat hammock mudah dibawa kemanapun.

Pada fungsinya tersebut, berbincang biasanya dilakukan dalam masing-masing hammock. Jika pohon berdekatan, bisa memasang hammock berhadapan. Atau mungkin pula, tandem dua batang pohon berisi dua buah hammock agar berbincang menjadi lebih akrab.

Untuk memaksimalkan perbincangan, beberapa merk hammock, mengeluarkan hammock besar. Merek mengeluarkan hammock tersebut dan menjawab tantangan berbincang tidak perlu berada jauh beberapa kaki dari masing-asing hammock.

Tahun 2015, saat hammock semakin menggeliat di Indonesia, baru sedikit merk yang membuat hammock berukuran besar. Berikut adalah catatan 3 hammock besar awal yang menghiasi dunia per-hammock-an di Indonesia, serta nama bagi produksinya.

***

Tiga Hammock Besar Awal

Mammock TTTM

Dibuat agar bisa menikmati waktu santai dengan teman-teman terdekat. Berbincang, bercanda, bahkan ngegosip seru, bisa dilakukan di dalamnya.

Ticket To The Moon (TTTM) sebagai merk dagangnya, merancang hammock besar yang disebut mammock. Warna cerah dan standar hammocknya, sesuai karakteristik TTTM dengan lis warna di kedua sisi panjangnya. Biasanya terdapat 2 warna dalam 1 mammock.

Ukuran mammock tersebut, 8×3 meter dengan kapasitas beban lebih dari 250 kg. Mammock bisa bermuatan 10-14 orang tanpa berlebih dengan berat badan standar. Jika masing-masing berberat badan 80 kg, hanya bisa dinaiki sekitar 5 orang saja.

Memasang mammock, harus diatas ketinggian 2,5 meter dari tanah dengan jarak rentang antara kedua pohon mempunyai cukup ruang untuk hammock sepanjang 8 meter.

Mammock diperkenalkan pada Gathering Nasional Hammockers Indonesia pertama kali di Cikole Down Hill Track, Lembang, Bandung, 5-6 Juni 2015.

Mammock TTTM di Cikole, Lembang, Bandung.
Doc @hammock_id

Hammock Dewa Jingga

Jingga Hammock merupakan produsen hammock kedua yang akhirnya juga memperkenalkan hammock besarnya. Sama dengan mammock, Jingga Hammock juga mempunyai nama bagi hammock besarnya, yakni Hammock Dewa atau disebut juga dengan Kora-kora.

Ukuran panjangnya 6-7 meter dengan lebar 3 meter. Hammock Dewa berwarna hijau army dengan motif loreng.

Hammock Dewa juga bisa dinaiki dengan kapasitas lebih dari 250 kg. Jadi sekitar 10-12 orang dengan berat badan standar, cukup naik diatasnya.

Catatan pengingat. Pernah lihat foto dan diceritakan oleh si pemilik merk, dimana Hammock Dewa diuji coba oleh 7-8 orang teman-teman Hammockers Indonesia. Diantaranya ada Mardi, Panji, Fuad, Akbarulloh, Galih. Lainnya saya lupa siapa.

Hammock Dewa produksi Bandung ini dikeluarkan tahun 2015 juga.

Hammock Dewa JIngga
Doc Hammockers Jawa Barat

 

 

Big Momma Elve Hammock

Mengikuti seniornya, tahun 2016, produsen hammock bercita rasa lokal Solo, membuat hammock besar dengan sebutan Big Momma. Elve Hammock sebagai pemegang merk dagangnya.

Percobaan pertama kali dilakukan oleh teman-teman Slackline Solo, Solo Hammockers, Hammockers Jakarta dan Hammockers Indonesia di Taman Balekambang, Solo.

Adegan parkour pun dilakukan untuk uji kekuatan Big Momma.

Big Momma berkapasitas lebih dari 250 kg dengan panjang 6 meter, lebar 3 meter. Hammock besar ini bisa dinaiki 10-12 orang saja dengan berat badan standar.

Warna biru dongker dengan lis krem adalah warna Big Momma yang diproduksi pertama kali. Kali kedua, Big Momma diuji coba di bumi perkemahan Segoro Gunung, kaki Gunung Lawu dengan tambahan teman-teman dari SODA (Sodara diatas Awan).

Uji coba Big Momma Elve Hammock di Taman Balekambang, Solo.
Doc @ejiebelula

***

Ketinggian Pemasangan Hammock Besar

Penggunaan hammock-hammock besar ini, biasanya digunakan di saat tertentu. Misal event-event yang berkaitan dengan acara hammock, maupun private camp.

Karena ukurannya yang lebih dari hammock biasa, harus ada orang yang menjaga hamock besar ini ketika dipasang. Mungkin tidak semua orang bisa atau mau naik di hammock sebesar itu.

Selain itu jarak ketinggian pasang dari tanah pun, berbeda dengan hammock biasa (2,5 meter). Jarak tersebut dimaksudkan agar pada saat beban bertambah, jarak hammock besar dari ketinggian tanah, cukup aman baik bagi orang yang berada diatas hammock, maupun bagi hammocknya sendiri.

Pemasangan hammock dengan beban berlebih ini pun, dimaksudkan agar tidak terjadi gesekan antara beban, hammock dan tanah yang bisa mengakibatkan robeknya badan hammock. Tentu saja berkaitan dengan keamanan orang yang berada didalamnya.

Perlu diperhatikan pula untuk tree hugger dan carabiner yang digunakan. Beban suspensi yang dipakai juga tidak sama dengan hammock biasa. Kondisi dan jarak pohon pun harus diperhatikan.

Kini, banyak merk hammock yang juga mengeluarkan hammock-hammock berukuran besar untuk kebutuhan event. Anda bisa mengeceknya pada merk-merk yang ada. Tentunya berdasarkan rekomendasi yang ada.

Jadi sudahkah mencoba naik hammock besar? Umm ya, keep hanging and stay safety your hammock, yeaaa…. (jie)

***

Single hammock.
Doc pribadi, taken by Rio Candra Kusuma

Sumber:

TTTM, om Alex
Jingga, om Hendy
Elve, mas Nol

Ketiganya dipasang di waktu berbeda dan penulis berada di tempat-tempat hammock besar tersebut dipasang.

***

Iklan

6 tanggapan untuk “Kenalan Dengan Hammock Jumbo Yuk!”

      1. emmm.. bisa jadi. visual kan lebih cepat boomingnya.
        coba kalau dishare juga kenapa hammock jadi bisa dikenal? mungkin ngga semua orang tau, atau enggan mencari tahu yah, lant?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s