Hammockers Indonesia

Suspensi Hammock, Pengait dalam Berhammocking

Perkembangan hammock begitu dahsyatnya dalam kegiatan outdoor seperti berpetualangan. Hampir di setiap kesempatan, hammock bisa digunakan. Temannya tenda yang sudah lebih dulu dikenal penggiat alam. Lalu sudah cukupkah hanya membeli, punya dan memakai? Sudahkan Anda mencermati suspensi apa yang menjadi bagian dari hammock Anda?

Carabiner, one of suspension.
Doc pribadi

***

Suspensi adalah bagian dari hammocking. Merupakan pelengkap alat penggantung berupa pengait yang digunakan menuju ke badan hammock.

Pada penggunaannya dalam berhammocking, suspensi juga bisa digunakan sebagai pemutus aliran air hujan, sehingga tidak akan membasahi hammock. Jadi hammock yang menggunakan suspensi jauh lebih aman daripada hammock yang berhubungan langsung antara strap/webbing dengan badan hammock.

Beberapa diantara suspensi juga biasa digunakan dalam kegiatan kepetualangan dan pekerjaan. Sebut saja carabiner. Kegiatan kepetualangan seperti caving, climbing, mendaki, outbond atau berlayar dan lainnya.

Sementara, di kehidupan sehari-hari, suspensi juga digunakan dalam pekerjaan sepeti membersih jendela kaca di ketinggian gedung, konstruksi maupun pekerjaan lainnya yang membutuhkan safety. Selain itu juga biasa digunakan sebagai asesoris berkemah.

Pada sesi kali ini, saya akan menuliskan suspensi pada hammock sesuai pemahaman, membaca, bercerita, atau bertanya dengan beberapa teman-teman hammockers. Ringan dan mungkin tidak semua orang tahu dengan suspensi, mungkin. Hhehehhe

Sejauh ini, suspensi pada umumnya yang sering digunakan adalah Carabinner, Ring O dan S-hook. Paling baru dan juga mulai digunakan pada hammock yakni, shackle.

Yuk, kita mengenali suspensi hammock sedikit dalam.

  1. Carabiner
    Menurut Wikipedia, kependekan dari karabinhaken (kait pegas) yang terdapat dalam penembak senapan untuk mengaitkan sesuatu. Pertama kali dibuat oleh Otto Herzog (pendaki Jerman), tahun 1910 untuk pendakian.

Penggunaan carabiner sebagai teman hammock, sangat populer di kalangan hammockers. Pemasangan hammocknya pun lebih simpel.

Dalam hammock, carabiner merupakan pengait cepat dan praktis yang digunakan dalam menyambungkan sesuatu. Carabinner biasanya terbuat dari bahan metal, campuran keras dari baja dan alumunium.

Bentuknya bisa berbentuk oval simetris yang biasa digunakan sebagai kapasitas beban tidak terlalu berat, D asimetris sumbu carabinernya kuat (harga sedikit mahal), offset-D lebih asimetri (harga lebih mahal) dan pear/HMS digunakan untuk belaying (harga paling mahal dan lebih berat dari carabiner biasa.

Alat-alat belaying, diantaranya carabiner.
Doc pribadi

Fungsi carabiner ini pemakaiannya dibuat dua macam, yakni:

Pengunci/Screw
Biasanya terdapat ulir atau pegas. Bentuknya sama seperti non screw (non locking).

Tanpa Pengunci/Non Screw
Ada tiga jenisnya. Bentuk lurus berupa batangan, bentuk melengkung digunakan dalam situasi khusus dan bentuk kawat berjenis ringan untuk berat tertentu.

 

  1. Ring O
    Ring-O adalah pengait kedua yang lumayan populer di awal tahun hammock mulai dikenal di Indonesia. Produsen hammock yang memasarkannya pun, saat itu masih terbatas.

Pengait berbentuk bulat yang biasanya digunakan pada mesin ini, merupakan bentukan baru (meski sudah banyak pemakainya) dalam penggunaan hammock. Terbuat dari bahan dasar stainless steel.

Untuk pemakaian hammock, ada dua ring-o yang dipakai. Double ring-o dipakai, agar saat terjadi sesuatu dengan dengan ring tersebut, maka ring lainnya mengamankan dan tidak langsung terjatuh. Harga jual juga cukup terjangkau.

Biasanya dipakai dari badan hammock ke webbing dengan cara diikat. Selanjutnya webbing dimasukkan ke double ring-o. Diantara double ring-o itu, dibuatkan simpul untuk menguatkan hammock yang akan kita naiki.

Ring-O lebih disarankan pada pemakaian webbing, karena bidangnya datar dan lebih simpel dalam pemasangannya. Tidak apa juga kalau ingin memakai rope. Meski begitu, butuh sedikit waktu dalam men-setting hammock karena kita harus memasang simpul pada ring nya. Simpul paling sederhana, diantaranya adalah simpul pita.

  1. S-hook
    Pengait lainnya yang dipakai dalam hammocking adalah S-hook. Bentuknya memang menyerupai huruf S dengan sisi melengkung agar dari badan hammock ke strap atau webbing membuat pengguna hammock menjadi aman.

S-hook memudahkan pengguna hammock dalam mengaitkan strap/webbing. Terutama jika memakai webbing atau nautical rope yang sudah mempunyai loop (lubang pengait di webbing atau rope).

Pengguna hammock yang memakai S-hook sebagai suspensinya, tidak disarankan untk menaiki hammock dengan beban berlebihan.

S-hook yang digunakan pada hammock.
Doc pribadi
  1. Shackle
    Pengunaan shackle belum terlalu banyak yang tahu dan memakai. Berangkat dari mencoba dan review, pengguna hammock pun mulai menggunakannya.

Di beberapa produsen hammock, ada pula yang menggunakan pengait ini untuk hammocknya. Dengan sistem pengunci, hammock terbilang aman. Besarnya pun bervariaasi tergantung pemakaiannya.

Alat pengait ini berbentuk huruf U. Pengikatnya adalah baut atau pin melalui lubang di ujung kedua huruf U.

Harga shackle cukup terjangkau dan mudah didapatkan.

Shackle berbagai ukuran.
Doc @anggitinsave

***

Disadari atau tidak, membaca membuat kita mengetahui banyak hal. Serapan pengetahuan yang kita peroleh dengan membaca, membuat penasaran menjadi terjawab.

Jangan hanya membaca tanpa bertanya dan bercerita untuk mendapatkan cerita secara maksimal. Berdiskusi pun bisa menghasilkan sesuatu yang kadang di luar ekspektasi kita.

Teruslah menggali pengetahuan agar memperluas wawasan mengenai apapun. Dan hammock merupakan satu diatara sekian pertanyaan yang selalu saja membuat saya, kita dan penggiat hammock lainnya akan mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan hammocking.

Semoga saja tulisan sederhana yang saya sharing membuat para hammockers semakin cerdas dalam pemilihan, penggunaan hammock terutama dalam hal suspensinya.

Bukan tulisan sempurna, hanya berharap informasi ini bermanfaat bagi semua pembaca terutama penggiat hammocking, yeap… ๐Ÿ™‚ (jie)

***

Terima kasih:
@sandirwn , penggiat hammocking @hammockersbaraya
@anggitinsave , penggiat hammocking @hammokersbekasi

Mereka adalah tempat bertanya saya tentang suspensi hammock. Teman berdiskusi yang tidak hanya sekadarnya, tetapi juga fast response dalam apapun pertanyaan terlontar mengenai hammock dari saya yang spontan.

Terima kasih, kalian ๐Ÿ˜‰

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s