Hitchhiker Indonesia (HHI), wisata kota

Instagramable Spot Foto di Kebun Begonia

Bandung itu sudah indah. Kalau dipenuhi dengan kebun atau taman bunga, akan semakin indah, ya kan? Satu diantara beberapa kebun bunga yang ada di daerah Lembang, bisa menjadi spot foto, area para pejalan yang menyukai wisata kota, wisata keluarga, juga wisata kantor. Sudah kesana?

Kebun Begonia

Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Kota Kembang, Bandung. Mulai dari gunung, wisata kuliner, curug, wisata kota, hingga perkebunan, semua tempat adalah layak dikunjungi.

Lembang, selain sebagai tempat tujuan wisata, juga kerap dijadikan sebagai tempat outbond bagi compay gathering, family gathering serta wisata pendidikan di wilayah Bandung Barat. Terletak di kawasan yang dingin, Lembang pun merupakan salah satu dengan tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Terdapat Kebun Bunga Begonia di sana.

Bunga yang disebut dengan balinea ini merupakan bunga Begonia Bali. Tumbuhan tropis beradaptasi luas ini bisa tumbuh di dataran rendah juga tinggi. Tanaman yang tumbuh lebat sepanjang musim ini, tahan terhadap cuaca di dua musim, yakni musim hujan dan panas. Untuk pemeliharaannya tidaklah sulit. Cocok ditanam dimana saja sebagai tanaman hias seperti di kebun, pekarangan, perumahan, mempercantik area seputar taman perhotelan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bunga Balinea tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Bunga Balinea berwarna merah dan warna merah muda atau pink. Saya memasuki pintu kebun yang dipenuhi oleh balinea ini. Halaman depannya didominasi oleh tumbuhan hijau.

Selain Balinea, ada pula bunga celosia, cosmos, dianthus, gloxinium, gompherna, gypsophila, hyelianthus, melampodium, impatiens, marigold, petunia, salvia, snapdragon, vinca dan zinnia. Bunga-bunga tersebut sangat beraneka ragam bentuk dan warnanya.

***

Takiron Penyangga Bunga

Dari arah luar, warna-warni tumbuhan sudah terlihat dari arah datang. Di kanan jalan paving blok, tersedia topi caping lebar coklat yang dianyam. Gratis untuk dipakai pengunjung. Ada hal menarik yang saya lihat disana. Rata-rata tanaman disana menggunakan penyangga yang terbuat dari material ringan pengganti bambu, takiron.

Takiron adalah material ramah lingkungan yang ringan, kuat serta tahan lama. Penyangga tanaman ini juga tahan karat dan pembusukan. Takiron ini pun berfungsi untuk merapikan tanaman yang dirambatkan, digunakan pada tanaman merambat.

Takiron tampak di depan tempat berteduh ketika hujan.
Doc pribadi

Adanya penyangga pengganti bambu ini, menambah media bagi tanaman-tanaman yang ada disana. Bunga-bunga pun menjadi hiasan yang cantik dan dibentuk sedemikian rupa menyerupai delman, pigura foto berukuran besar, pot bunga, tempat duduk, dan lain-lain.

Kreasinya bisa dibuat menjadi rak tanaman, pagar tanaman, saung tempat berteduh, pintu taman, atau penyangga pot. Ternyata bunga Balinea merupakan tanaman yang cukup banyak di sepanjang jalan yang kami lewati. Hampir semuanya ditanam dalam pot berukuran lebar. Hamparan warna merah dan merah muda sangat mendominasi kebun tersebut. Lainnya bunga-bunga berwarna kuning, ungu dan gradasinya, juga putih.

***

Doc pribadi

Spot Foto

Tak hanya bunga saja yang tersedia disana. Berbagai replika hewan pun ada. Diantaranya ayam, unta, patung kuda, penyu, keong raksasa. Replika tersebut bisa dijadikan spot berfoto.

Spot foto keren lainnya, berlatar bunga, berbentuk pigura foto, miniatur delman, rumah panggung dan ayunan kayu. Tempat bersantai pun banyak tersedia disana yang bisa dijadikan spot foto.

Ada aturan khusus jika berfoto di sana. Untuk kamera SLR kita harus membayar sebesar Rp 50 ribu. Sementara untuk pemotretan pre-wedding dikenakan biaya sebesar Rp 250 ribu per dua jam. Kelebihan waktu dikenakan tambahan sebesar Rp 100 ribu per jam.

Di beberapa tempat pun tersedia tempat beristirahat dan berteduh. Bangku-bangku yang mendekati alam, membuat kita akan betah berlama-lama di kebun bunga itu.

Bunga yang banyak.
Doc pribadi

Jika melihat hamparan bunga berwarna-warni, tentunya sangat berhubungan dengan kebiasaan selfie di media sosial yang kerap menjadi tren kekinian. Jangan pula kebun ini menjadi korban layaknya Taman Bunga Amarylis di Gunung Kidul, Yogyakarta atau Taman Bunga Baturaden di Purwokerto. Tetaplah menjaga kelangsungan hidup tanaman tersebut. Karena dengan kita menjaganya, pilihan berwisata, penanaman pohon dan bunga-bunga akan semakin banyak bagi kita para penikmatnya.

***

How To Get There

Berlokasi di kawasan Maribaya, Lembang, yang didominasi warna merah ini terletak di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Perjalanan sekitar satu jam berkendaraan roda dua dari tempat saya menginap di Pasteur. Jalan yang dilalui ketika itu, hampir keseluruhan adalah pemandangan gunung di kiri jalan. Perjalanan yang tentu saja menyenangkan karena gunung-gunung yang membiru kehijauan terlihat di sepanjang mata memandang.

Ada jalur lain menuju kesana. Kita bisa mengambil jalan dari arah Bandung ke jalur Dago-Lawangwangi. Lokasinya berada sebelum Pasar Lembang. Bila dari arah Setiabudi (Ledeng) atau jalur Punclut, akan melewati Pasar Lembang ke arah Jalan Maribaya (De Ranch-Pusdikajen).

Sementara bagi yang menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkot dari Pasar Lembang-Cibodas. Bagi penikmat pemandangan sekitar jalan menuju Kebun Bunga Begonia, bisa pula naik delman atau pakai jasa ojek yang berada di sekitar perempatan sebelum Pasar Lembang.

Areal Kebun Bunga Begonia ini mempunyai fasilitas lengkap berupa lahan parkir, musholla, toilet, tour guide, live music, restoran dan toko belanja kebun. Untuk masuk ke kebun ini, kita cukup membayar retribusi sebesar 10 ribu per orang.

Nah, bagi pecinta warna-warni bunga, atau kepengin belajar tentang pemberdayaan florikultura, bisa kesana. Bukan hanya itu, ada tanaman buah-buahan dan sayur-mayur juga yang di-hidroponik-kan. Arena outbond dan Cafe Begonia-nya bisa menjadi pilihan santai Anda menikmati suasana kebun asri nan sejuk. Kebun ini buka sejak pukul 08.00 hingga 17.00 wib. Yuk lihat bunga-bunga cantik 🙂 jie)

***

Tulisan ini juga dimuat di sportourism.id (contributor crew)

 

Iklan

5 tanggapan untuk “Instagramable Spot Foto di Kebun Begonia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s