simple CULLINARY

Tekwan Penggugah Selera

 

Palembang tak pernah lepas dari kulinernya seputar ikan. Hampir semua kulinernya memang berbahan dasar ikan. Pun dengan tekwan, yang dipadu dengan bihun bila menyantapnya. Terasa sedap dimakan kala hujan.
Lapar!

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Hujan merupakan salah satu penyemangat kita dalam melahap makanan bukan? Berkuah, panas, pedas dan nikmat. Paduan pas bila musim penghujan maupun dalam keadaan dingin tiba. Hahhaha…. ya ini daerah rumah juga sedang hujan dan jujur, saya lapar!

Satu album foto kembali membuat saya tak ingin melewatkan waktu begitu saja. Melihat, memilih, dan menuliskannya karena ngiler pun bisa menjadi acuan menulis saya.

Hidup saya selalu berpindah dari propinsi satu ke lainnya. Mungkin karena papa saya yang bekerja kebanyakan di bagian doc kapal. Bukan doc untuk dokumentasi foto, tetapi doc entah untuk apa itu kalau di kapal.

Hidupnya pun tak jauh dari kehidupan laut, kapal, dan dermaga. Dulu, ia seringkali ke pulau kecil yang susah aksesnya hingga hampir yang tersembunyi guna untuk perbaikan atau apapun itu bentuknya yang berhubungan dengan laut dan kapal.

Akibat dari pekerjaannya, kami pernah cukup lama tinggal di salah satu tempat, Palembang. Yeap, sebab itu saya sangat hapal dengan kuliner Palembang. Diantaranya, tekwan.

***

Makanan tekwan ini, bisa kita jumpai di pelosok manapun di Kota Palembang. Dilihat sepintas, seperti sup. Aroma dari uap pada sajiannya, begitu menggoda agar segera dilahap.

Tekwan terbuat dari campuran ikan dan tepung. Dibentuk bulat-bulat kecil menggunakan sendok (seperti membuat bakso). Tekstur tekwan tidak halus karena ada cacahan ikan dalam campuran tepungnya.

Untuk kuahnya, biasanya diberikan udang sebagai tambahan penguat kaldunya. Udang ini membuat aroma kuah tekwan menjadi rasa yang khas.

Tepung yang digunakan, bisa berupa tepung sagu atau tapioka. Sementara ikan yang paling sedap digunakan adalah ikan tenggiri. Ya bisa juga menggunakan ikan lainnya yang cocok dibuat tekwan.

Untuk melengkapi tekwan, isiannya berupa:

  • Bihun atau soun
  • Irisan bengkoang
  • Jamur
  • Irisan daun bawang
  • Bawang goreng
  • Irisan mentimun
  • Sambal

Nah, sudah ngga sabar kan kepengin mencicipi tekwan? Hujan pula? Ahh.. cocok banget kan? Hhhahhaha

Kalau ribet buat sendiri, ya cek om google deh. Tempat terdekat bisa menyantap sajian tekwan khas Palembang ini. Yuk, segera 😀

Selamat makan malam, semuaaaaa… (jie)

***

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Tekwan Penggugah Selera”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s