LANDSCAPE

Live Report #LMSC7: Katulampa Ajak Pelajar Bersih Ciliwung

SMK Bina Putra turut ambil bagian bersih #SaveCiliwung #LMSC7. (doc Jaya)
SMK Bina Putra turut ambil bagian bersih #SaveCiliwung #LMSC7.
(doc Jaya)

Mahasiswi tingkat akhir yang sedang menunggu wisuda ini, baru pertama kali mengikuti Lomba Mulung Sampah Ciliwung.  Gadis pendiam yang Kuliah di IPB, jurusan Ilmu Tanah, Fak. Pertanian tersebut memang bukan warga #Bogor . Ia tinggal di Cibinong.

Memperoleh info tentang lomba dari dosen yang concern akan Ciliwung. Ia mengajak Putri, teman dari Bandung, volunteer untuk wilayah Kelurahan Sindangrasa.

Sebanyak 104 orang peserta dari warga Kelurahan Katulampa turun untuk acara pembersihan sungai ini. Peserta lomba merupakan gabungan dari warga yang kebanyakan penduduk disana, juga ada perwakilan SMK Bina Putra dan adik-adik SMP Katulampa.

Jaya (panggilan akrab Munjayani)) mengakui bahwa ia kurang tahu seperti apa lomba ini.

“Kepengin tahu seperti apa sampah di Sungai Ciliwung. Warga yang berpartisipasi dalam lomba ini antusias bersihkan sampah di Katulampa. Ya sambil ngisi waktu luang juga,” katanya.

Ada kejadian yang sepertinya harus menjadi perhatian. Pada saat lomba, warga memang mengambil sampah di sungai. Namun, ditengah acara, dibagikan air mineral ke peserta lomba. Sayangnya, beberapa warga membuang sampah (masih tidak pada tempatnya), artinya dibuang tidak pada karung sampah yang telah dibagikan panitia.

“Untungnya para volunteer yang ada disana mengingatkan mereka untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan,” terang Jaya.

Dikatakannya juga, bahwa di Bogor ini, rumah yang berada di aliran DAS berupa bagian belakang.  “Seharusnya sih ada jarak dari sungai ke perumahan jika memang ingin membangun tempat tinggal. Karena bagian belakang rumah itu, biasanya kalau ngga kamar mandi, ya dapur. Jadi kemungkinannya besar untuk si empunya rumah membuang sampah ke aliran sungai. Makanya jarak tersebut perlu untuk perumahan di sekitar sungai,” jelas Jaya.

Kejadian ini mungkin akan mengingatkan kita pada kesadaran diri pribadi untuk selalu “awas” dengan lingkungan sekitar. Bukankah jika lingkungan bersih, maka kesehatan akan mengikuti? (jie)

Jaya bersama teman volunteer Himpunan Mahasiswa Biologi Univ. Pakuan Bogor. (doc Jaya)
Jaya bersama teman volunteer Himpunan Mahasiswa Biologi Univ. Pakuan Bogor. (doc Jaya)
Iklan

3 tanggapan untuk “Live Report #LMSC7: Katulampa Ajak Pelajar Bersih Ciliwung”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s