Uncategorized

Kesabaran Akar Mahakarya Indonesia

Indonesia yang terdiri dari beranekaragam suku bangsa dan budaya, membentuk karakter bangsa yang mengagumkan. Sebuah karya yang lahir dari cipta anak Indonesia, sesungguhnya merupakan cikal-bakal bagi kelangsungan dan jati diri bangsa hingga kelak tidak hanya kenangan, tetapi akan terus berkembang dan dikenal masyarakat dunia.

***

20150429201643

Mahakarya Indonesia melahirkan suatu budaya bangsa yang mengakar pada seni dan kreatif anak bangsa. Kecintaan negara tidak hanya ditunjukkan dari berhasilnya seseorang (ruang lingkup yang lebih kecil) dalam memperkenalkan budaya itu sendiri, namun terus membawanya dengan mempelajari secara berkelanjutan serta memberikan inovasi agar tersampaikan pada #JiwaIndonesia.

Penyampaian ini bisa dilakukan melalui media yang paling dekat dengan generasi muda saat ini. Salah satunya penyampaian seperti temu wicara, seminar maupun pentas seni yang kerap kita jumpai di ajang festival atau acara-acara event organizer. Seperti halnya yang dilakukan oleh narasumber #MahakaryaIndonesia yakni JJ. Rizal, Yayan Ruhian dan Nanang Hape di Kopicini (29/04).

Gotong-royong, kegigihan dan kreatifitas adalah buah dari kesabaran yang bukan hanya perlu dipelajari, tetapi mengukurnya dalam setiap langkah yang kita lakukan.

Sejarawan Indonesia JJ. Rizal menyampaikan perihal nilai luhur yang ditanamkan pada #JiwaIndonesia. Setia, patuh, tata cara yang muncul dari dalam diri takkan terkikis oleh waktu. Artinya semangat kreatif akan selalu tercipta pada masanya jika terus menanamkan jiwa semangat dalam diri.

Pencak silat yang merupakan seni budaya Indonesia pun dikatakan Rizal bukan sekadar mengolahragakan diri tetapi juga mengolah bathin. Tidak bisa melakukan sesuatu hal secara raga, tetapi jiwa pun turut bermain di dalamnya.

Menurut Yayan Ruhian, pencak silat mengandung nilai luhur yang tercipta pada akar budaya. Berbivara silat tidak berbicara mengenai kesigapan dan beladiri, tetapi kelembutan pun adalah bagian daripadanya.

Nilai luhur yang bukan saja berupa silat melainkan nilai bangsa, budaya, menunjukkan pribadi bangsa, budaya serta semangat Indonesia.

20150429195436

Nilai ini dipelajari bisa juga melalui seni wayang. Dalang adalah guru berkarakter gigih, sabar dan rendah diri.

Sedangkan Menurut Nanang Hape, pilihan kehidupan dalam wayang banyak. Namun pilihlah cabang terbaik menurut pikirmu pada wayang #arena kita akan bertemu hanya di satu titik saja.

Sabarkan langkahmu dalam lini kehidupan agar tercapai filosofi hidup yang rendah diri dan sabar adalah jawabnya.(jie)

 

 

Iklan

5 tanggapan untuk “Kesabaran Akar Mahakarya Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s