agenda, Hitchhiker Indonesia (HHI)

Donna Merlinda: Jendela Dunia Bimbel Koran

(doc Novriyanti)
(doc Novriyanti)
Pemerhati dan peduli pada anak-anak masa depan?
Segala kebaikan jika berasal dari pribadi, maka akan berdampak baik pula bagi kehidupan di sekelilingnya. Jangan memandang kelas, karena kebaikan merupakan garis tanpa batas. Kepedulian tak harus dinilai dengan materi, terlebih hanya dengan perkataan. Tetapi, berbuat dan tebarlah kebaikan bagi generasi penerus kita.
***

Kegiatan Bimbel Koran di mulai pada tahun 2010, dimana merupakan suatu kegiatan belajar yang diperuntukan untuk anak-anak dari jalanan dan dari kaum marjinal. Kenapa harus Koran? Karena melalui koran kita bisa mengetahui segala informasi yang terjadi, melalui koran pengetahuan kita bisa bertambah dan Koran adalah Jendela Dunia. Karena itu dibutuhkan kemampuan untuk bisa membaca dan karena alasan-alasan diatas mengapa kami sebut BIMBEL KORAN.

Kegiatan ini digerakan oleh para sukarelawan yang terdiri dari berbagai kalangan yaitu mahasiswa maupun profesional. Tujuan dari kegiatan ini pada awalnya hanyalah untuk memberikan tambahan pendidikan yang tidak mungkin didapatkan di bangku sekolah. Namun sekarang berkembang dengan bagaimana membina karakter mereka sejak dini melalui pengajian dan melatih kreatifitas mereka.

Kegiatan Bimbel Koran ini mendapat banyak sambutan positif baik dari anak-anak maupun dari pihak orang tua. Minimnya pendidikan dari para orang tua bahkan masih terdapat orang tua yang buta aksara menyebabkan tingkat kreatifitas dan pengetahuan mereka sangat berkurang. Karena itu untuk mewadahi kegiatan anak-anak dan para orang tua, terdapat beberapa kegiatan untuk mengakomodir mimpi-mimpi baik dari :

  • para sukarelawan yang bermimpi ingin melihat adik-adik binaannya berhasil di pendidikan dan tidak turun ke jalanan
  • anak-anak jalanan maupun anak – anak marjinal yang bermimpi dalam meraih cita-citanya untuk bisa hidup lebih baik

Karena itu melalui kegiatan ini diharapkan bisa merangkul semua pihak untuk menjembatani segala impian bagi siapa pun yang membutuhkan.

Bimbel koran ini terdaftar 60 anak dengan rentang usia dari 5 – 15 th, namun yang mengikuti kegiatan ini hanyalah 40 anak. Hal ini disebabkan karena kondisi mereka yang  memprihatinkan sehingga mereka harus bekerja untuk menambah penghasilan orang tua dan lingkungan mereka yang terkadang kurang mendukung kegiatan positif ini. Kegiatan Bimbel koran dilakukan setiap hari Minggu mulai dari jam 09.00 – selesai. (donna)

***

Tulisan ini dibuat untuk profil yang aku minta ketika Hitchhiker Indonesia mengadakan kunjungan ke Museum Basoeki Abdullah (08/02/2015) yang diperuntukkan bagi adik-adik Bimbel Koran Klender. Terima kasih, Kak Donna… 

***

Bimbel Koran's Team (doc Novriyanti, taken by Pambudi Bayu)
Bimbel Koran’s Team
(doc Novriyanti, taken by Pambudi Bayu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s