simple CULLINARY

Sala Lauak si Bola Kuning

Penyebutan kalimatnya, mengingatkan akan logat juga  bahasa Minang. Sajian kuliner ini memang berasal dari Indonesia bagian Barat, yaitu Sumatera Barat. Kuning dan bulat! Makanan seperti apa ini? Yuukk, baca deh 😉

Sala Lauak (doc pribadi)
Sala Lauak
(doc pribadi)

***

Bentuknya sederhana, bulat bak bola pingpong. Berwarna kuning dengan irisan daun berwarna hijau didalam. Jika digoreng, luarnya memang terlihat berwarna kuning kecoklatan menandakan sala lauak tersebut garing, namun begitu digigit akan terasa lembut dan enak.

Warna kuning Sala Lauak diperoleh dari kunyit yang digunakan. Pada bahan yang digunakan sebagai adonan sala lauak, selain tepung dan ikan rebon atau teri, daun kunyit pun dimasukkan dan diiris halus. Biasanya akan ditambahkan dengan cabai juga yang membuat sala lauak akan menjadi kecoklatan serta menambah rasa di dalamnya.

Sala Lauak ini memang beraroma ikan, khususnya ikan teri dan sudah diiris halus. Macam sala lainnya adalah sala udang dan sala kepiting.

Masyarakat Sumatera Barat yang berada di pesisir pantai, seperti Pariaman, banyak membuat sajian kuliner sederhana ini sebagai camilan ringan atau tambahan makanan sarapan pagi yang biasanya ada di ketupat sayur Padang. Disamping itu, Sala Lauak juga kerap dijadikan pendamping makanan mengingat “Lauak” yang berarti lauk berbahan dasar ikan.

Ehh, kata papaku yang asli Tabiang (Padang Kota), Sala Lauak ini juga ada di Aceh, Tapanuli Selatan dan Makassar. Kok bisa? Menurutnya sih, karena orang Padang banyak yang merantau, jadi di tempat atau beberapa daerah, Sala Lauak ini ada, meskipun tidak semua tempat menjajakannya. Dan kalau kangen serta ingin makan sajian kuliner ini, tinggal cari saja ketupat Padang, tempat jajanan dimana kita bisa mengunyah Sala Lauak tersebut. Seperti di dekat tempat tinggal dan langganan keluargaku makan ketupat Padang.

Penasaran ngga seperti apa rasanya? Aku pun jadi lapar… Ahhahahhah…. (jie)

***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s