Serba-serbi

Si Kaktus Mini yang Bermanfaat

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Tanaman mini ini sungguh menarik perhatianku. Dulu sempat koleksi tanaman mungil tersebut waktu aku berdomisili di daerah. Kenapa lebih memilih memelihara kaktus? Alasan sederhananya yaitu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering.

***

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Aneka warna yang tampak dari tumbuhan mini itu jelas menarik perhatian. Bukan karena sekadar mininya saja, atau disebabkan oleh duri-duri yang tumbuh disekitar dan beberapa jenis kaktus ini. Bentuk juga warnanya pun sudah membuatku merasa, tanaman ini mempunyai karakteristik tersendiri buatku. Terkadang dalam 1 pot tanaman yang sama, kaktus tersebut bisa menampilkan warna-warna yang berbeda. Cantik.

Menyukai tanaman mungkin mengalir dari mamaku yang memang sangat hobi berkebun. Demikian pula papa. Teringat masa kecil dimana ketika di rumah dinas, waktu luang papa diisi dengan menanam berbagai macam tanaman buah seperti pepaya, mangga, ceri. Selain itu juga ada tanaman obat diantaranya yakni, bunga kumis kucing dan daun pacar (inai). Kebun di belakang rumah dinas, atau area kosong di samping rumah, selalu saja diisi dengan tanaman papa mamaku. Inilah yang sedikit banyaknya mempengaruhiku menyukai tanaman.

Hobi dan penyuka tanaman, mempunyai pengartian yang berbeda. Kalau suka, belum tentu akan rajin merawatnya. Itu aku! Hhahahah…. Merawat tanaman dengan waktu tertentu saat itu, aku tak sempat (lagi-lagi) disebabkan oleh alasan pekerjaan. Pekerjaanku mengalahkan kesukaanku pada tanaman. Oleh karena tidak memerlukan perawatan yang berarti itulah, aku memilih kaktus. Tanaman simple yang kuat bertahan tanpa perlu penanganan khusus.

***

Kaktus bisa menyerap air yang disimpan dalam batangnya. Akar panjangnya sangat membantu dalam penyerapan air. Duri kaktus pun membantu kebutuhan akan air.

Habitat umumnya, tumbuhan ini hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis.

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Buah dan batang muda kaktus, banyak dimanfaatkan sebagai sumber pangan manusia, pakan ternak dan obat-obatan. 

Untuk hal-hal demikian, detil dari si kaktus, baru kuketahui kemudian kala aku membaca artikel mengenai kaktus. Banyak yang belum kutahu ternyata. Bahwa manfaat lain dari kaktus pun bisa digunakan buat kesehatan. Ayooo… Hunting kaktus dan ulang mengkoleksinya kembali.

*akibat dari pameran Hari Pangan Sedunia dan Pekan Flora-Flori di Makassar, dimana tersedia koleksi kaktus yang beraneka warna, jadi ngiler kaktus kembali. (Jie)

***

All documentation by me.

All mini cactus belongs to Vera Yusnita’s Mom (Palembang).

(doc pribadi)
(doc pribadi)
Iklan

2 tanggapan untuk “Si Kaktus Mini yang Bermanfaat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s