simple CULLINARY

Si Legit Maksuba

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Sudah pernah mencicipi penganan yang satu ini? Terkesan basah, padat dan berlapis-lapis jika melihat hasil jadinya. Bagi yang berdomisili di Palembang, Sumatera Selatan, penganan ini tidaklah asing di lidah. Legit dan manis! Mau??

***

Dominasi warna kuning dan coklat, menghiasi hampir keseluruhan kue yang sangat terkenal dari daerah Sumatera Selatan ini. Maksuba namanya. Kue ini terbilang jarang ada di hari-hari biasa. Untuk dapat mencicipinya, biasanya aku harus menunggu hari raya, saat lebaran tiba, Idul Fitri dan Idul Adha. Itu pun bukan di rumah sendiri, karena kami bukanlah asli orang Palembang. Nyai dan tante-tante dari keluarga om lah yang pandai membuatnya.

Pernah aku melihat Nyai yang asli orang Palembang membuat adonan kue tersebut. Cukup lama dan lumayan repot kalau tidak terbiasa membuatnya, karena harus meletakkan adonan, mengukus, kasih adonan kembali, lalu mengukus ulang hingga terbentuk kue yang berlapis-lapis seperti gambar tersebut. Tidak hanya asala membuat, tetapi harus telaten dan sabar supaya hasilnya cantik dipandang dan manisnya pas saat dikonsumsi. Kue Maksuba buatan Nyai dan tanteku, tidak pernah mengecawakan. Soalnya, kalau tidak sedang berlibur di hari lebaran, aku pasti dolanan (main, red) dan berkunjung ke rumah Nyai agar tidak melewatkan mencicipi kue itu 😀 .

Selain hari raya, kue tersebut bisa juga dicicipi saat ada acara tradisional di pesta adat, pernikahan dan acara khusus daerah setempat.

Kue Maksuba ini, berbahan dasar telur, gula dan susu kental manis. Itu sebabnya rasa legit dan sangat manis begitu kental terasa saat menggigitnya. Enak. Proses mengukusnya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, 8 jam! Bayangkan saja seperti apa kesabaran membuat Kue Maksuba. Kesabaran yang sepadan dengan hasil yang diperoleh. Proses pembuatannya memang mirip dengan kue 8 jam, hanya beda pembuatan dan rasanya saja yang tidak terlalu manis.

Untuk mengimbangi rasa manis tersebut, sebaiknya minum air putih atau teh tawar hangat saja.

Ayoooooo…. siapa yang kepengin makan Kue Maksuba asli Palembang? Dijamin endes (enak) 😉 (jie)

(doc pribadi)
(doc pribadi)

***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s