Hitchhiker Indonesia (HHI), Rp 0,-

Batal Hitchhike Sendiri

Tadinya mau hitchhike by myself saja.
Soalnya teman-teman pada sibuk jalan semua.
Dari yang tidak ada rencana, karena akan jalan sendiri mengikuti kaki melangkah, akhirnya aku prepare semua kebutuhan secara mendadak.
Kok bisa?
Tiba-tiba ada 2 orang teman yang ternyata mengajukan diri ikut berhitchhiking denganku.
Hemm… let’s make a plan!

***

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Kampung Cihuni
Desember 27th, 2013

 PREPARE FOR MYSELF

Biasalah, akhir tahun kerap diisi dengan rencana travelling kemana-mana. Mungkin hanya aku yang tidak terlalu bermimpi mengisi malam tahun baruan, karena aku memang tidak terbiasa menghabiskan malam pergantian tahun baru tersebut.

Hampir keseluruhan teman-teman sibuk membuat planning. Buka jejaring sosial, status travelling bertebaran dimana-mana. Pusing saya! Soalnya jadwal libur dari kantor yang banyak, tidak bisa kumanfaatkan dengan baik. Ragu antara mau jalan dan tidak karena terselip beberapa agenda yang tidak bisa kubatalkan begitu saja.

Saat itu, iseng aku membaca postingan lama di komunitasku, Hitchhiker Indonesia (HHI). Heii, salah seorang yang aku belum kenal, memposting dan menyebutkan Kampung Cihuni. Otakku langsung nalar kepada keinginan Kabund yang katanya mau hitching kesana. Kumensen-mensen (mention, red), Kabund ngga jawab. Link yang tertera, kubuka dan baca.

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Triiiiiiiinngg…..
Sengatan listrik hitching menggoda. Aku terus membaca dan membaca. Tanpa sadar, tangaku sudah mulai mencorat-coret kertas dan buku agenda di depanku. Lincah membuka link demi link, meretas keingintahuanku yang semakin besar. Dan voila! Aku melakukan pemetaan perjalanan by hitchhiking?? Owww… okeeeee.. niat hitching mulai menggodaku.

Aku teringat pada sebuah peta perjalanan yang teronggok di sudut lemari tempat aku menyimpan segala kebutuhan hitchhikingku. Kubongkar dan dapat!

Wakaakakaa… buta peta baca peta??? Yoyoyyy

Jangan salah, kali ini niat hitching yang menggebu dan mengganggu, memaksaku untuk mempersiapkan segala sesuatu mengingat aku sama sekali belum pernah jalan ke arah Kampung Cihuni, Purwakarta. Segala hal mengenai perjalanan menuju Kampung Cihuni masuk dalam catatanku. Termasuk kemungkinan angkot, daerah yang sepi, kontak person, etc. I need it than before. Ishhh…. jadi ingat perjalanan hitching ke Jawa Tengah sendiri deh tahun 2012 lalu. Bedanya, ini perjalanan singkat yang tak butuh berhari-hari, tapi aku mempersiapkannya dengan baik. Good boy, ehh 😛

 ***

(doc pribadi)
(doc pribadi)

 COLEK IKUT

Entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba saja Kabund menelponku pagi pukul 06.00 WIB. Berbicara straight to the point dan blaa… blaaaaa… IKUT! Kabund ikut? Uwoooooo 😀

Hoo?? Aku masih tercengang dengan keinginan Kabund yang sangat susah dipanggil waktu di postingan komunitas. Dan tiba-tiba ia menyatakan bersedia hitching? What a day, Kabund! Ia menanyakan apa saja yang perlu dibawa. Karena waktunya ringkas, aku hanya bilang bawa seperlunya saja. Tidak usah banyak. Dan karena Kabund harus masuk kerja di tanggal 2, aku bilang kemungkinan tidak ada rencana mau bermalam. Jadi pakaian seperlunya saja.

Teman kedua. Seorang teman menyatakan ikut. Ia berkomentar di jejaring sosialku. Ahahaha…. namanya Ramdan. Sudah lama memang ia ingin hitchhiking, tapi karena kerja sampai sabtu, ia belum pernah bisa join event di komunitas. Simpel dan langsung oke ikut. Asik banget kan? Juga ngga pakai ribet!

Karena keikutsertaan kedua orang temanku ini, untungnya segala persiapan dengan rencana sendiri sudah fix. Jadi, ketika mereka bilang, “Aku ngga tahu jalannya, Jie..” atau “Apa yang harus dipersiapkan, Jie?” saat itu aku hanya bilang, “Semuanya sudah Ejie siapin. Tinggal jalan. Terpenting jas hujan.”

Keperluan hitching saat itu:

  1. Jas hujan
  2. Sleeping bag
  3. Jaket
  4. Dompet isi uang (buat makan dan emergency)
  5. Baju & celana yang ngga bikin ribet
  6. Spidol & kertas
  7. Kamera kalau memang perlu
  8. Pulsa HP (diisi ya, kali pecah tim, buat jaga-jaga)

Yaaahh.. begitulah ceritanya.

 ***

TEBAK TIDAK BERHADIAH

“Ejie, hitchingnya kemana?” Ramdan bertanya padaku via sms kalau tidak salah.

“Wahhh… belum pernah sejarahnya hitching itu dibocorin tujuan yang akan didatangin deh. Jadi, Ejie bikin Dan penasaran saja ya untuk tujuannya. Wkwkwkkk…” demikian balasan smsku.

Nah, catatan lagi.

Komunitasku itu, kalau buat event, ngga pernah deh memberitahu tujuan. Kenapa? Aku rasa, bagus juga sih. Soalnya dengan begitu, keinginan untuk berhitchhiking lebih besar ditambah dengan rasa penasaran, bisa dapat kendaraan atau tidak, bisa sampai di tujuan atau tidak, dan lainnya. Semua itu, bagian dari permainan hitchhiking. Semuanya akan diberitahu saat 1 jam keberangkatan kemanapun tujuannya. Itu pun hanya berupa penggalan-penggalan petunjuk untuk sampai di tempat yang dimaksud.

Heheheeee, usil, Ejie posting saja sebuah clue untuk Ramdan di timeline ku.

(doc pribadi)
(doc pribadi)

Hihiiii… kalau ingat itu, nyengir Ejie. Dan kepedean nih jawabnya. Lagian, Dan jawab hitching ke Cirebon gegara lihat tulisan Plered. Waakakakaa… Seneng kaliiiiii.. kalau ada yang penasaran sama arah tujuan hitching mau kemana.

Sudah ahh, Ejie mau siap-siap pulang nih. Janjian sama HHI mau kumpul cerita hari ini. Ceritanya Ejie buat bersambung saja yak?!? Nanti hitchingnya deh di cerita besok. Tuuhh kan, ngomong dan nulisnya saja sudah belepotan. Ngga konsen Ejie, mau pulang sebelum diomelin di TKP.

See you tomorrow ya guys… 😉 (jie)

***

*maaf yak kalau tulisannya ngga sempurna. Ejie buru-buru nih. Ngangkot timeeee… 😀

Iklan

2 tanggapan untuk “Batal Hitchhike Sendiri”

    1. terima kasih efenerr… salam kenal dan makasi ud blogwalking kemari 🙂

      boleh, hh nya mau kemana?
      ejie cuma bisa di wiken aja karena kerja dan bisa yg deket2 aja hh. tentuin aja tempatnya, ntar ejie ngikut deh efenerr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s