Rp 0,-

Serunya Jempol Hitchhiker Indonesia

(doc by Erick Samuel)
(doc by Erick Samuel)

Hai… haaaaii..

Menyambut usia 1 tahunnya Hitchhiker Indonesia , Ejie mau sharing tentang hitchhiker nih. Pasti belum banyak yang tahu dan mengenal grup ini kan? Baiklah, mulai sekarang, Ejie akan mulai memperkenalkan hitchhiker Indonesia pada teman-teman. Tak sekaligus, tapi akan ejie buat dalam beberapa episode, biar kek sinetron gitu deh…. hehhe.

So, buat yang penasaran sama cerita Ejie, silahkan dipantau terus yah kicauan Ejie ini.
Ngga perlu toa dan ngga perlu pake cemprengan saya, cukup dibaca secara berkala seperti minum obat.. hhehe
*nyengir edition 😛

***

Goes to Baduy, Banten
Goes to Baduy, Banten (doc by HHI)

Kali ini, Ejie mau cerita seru tentang grup yang selalu Ejie ikuti setahun belakangan kemarin.

Yuhuuuuu….  2012 adalah perkenalanku dengan grup Hitchhiker Indonesia, memulai petualangan dengan sensasi baru dan ajang jalan-jalan gratis dimulai. Langkah kaki yang tak terbendung memulai segala petualangan baruku untuk berada dari satu tempat ke tempat lainnya. Petualangan yang pada akhirnya membuat aku mengerti akan sesuatu yang mendasar. Hmm..

Petualanganku ini, tak mengharuskan untuk pusing memikirkan budget yang segambrengan. Cukup sederhana, penuh ceria, tawa, senyum, berisik, berbagi dan selalu powerfull. Semangat!

Etapi, ada hal yang mesti diingat yakni WAJIB MUKA TEMBOK, lupakan malu, kudu sabar dan berani. Modal utama dalam melakukan hitching (nebeng, red).

Yippieeee….
Aku bahagia untuk meneriakkan bahwa aku bisa bertemu dan berjalan-jalan dengan semua teman-teman baruku di grup ini. Serasa menemukan satu keluarga baru lagi. Menambah segaris senyum terkembang di bibirku. Tak hanya itu, tapi juga senyum di hatiku yang tak segaring kerupuk yang masih baru keluar dari penggorengan melalui proses yang tak kalah penting. Hahahhhaaa….

Udah ah, mau cerita tentang Hitchiker Indonesia atau biasa disingkat HHI. Baca terus yah temans.. 🙂

***

  • Penasaran Hitching

Awal perkenalanku dengan kegiatan hitching adalah saat dipublishnya sebuah event yang jujur membuat aku terpacu lebih kepada penasaran. Di tahun 2011, aku pernah hampir mengikuti satu event yaitu Jakarta Hitching Race dengan mendaftar keikutsertaanku di facebook. Tapi karena tak terlalu memperhatikan tanggal (maaf, aku bermasalah dengan kalender!) aku santai saja.

Begitu malam, aku kembali mengecek untuk melihat informasi event.  Olalaaaaa…. Ternyata technical meeting sudah berlangsung dan pembagian tim pun sudah berjalan. Waaaa… aku ketinggalan! Mau menyusul, tidak memungkinkan lagi, karena waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Perjalanan di kota Jakarta ini, ditambah macet yang tak terkira bisa sekitar 1,5 jam dari rumahku ke daerah Kemang. Apalagi ini adalah weekend. Akhirnya aku hanya berpasrah saja melihat setiap perkembangan event tersebut dengan penyesalan tiada akhir… T_T

O-ow…
Seseorang bilang padaku, tak perlu sesal, karena kesempatan selalu datang pada saat dan waktu yang tepat. Jalani saja yang di depan mata dengan riang hingga saatnya tiba. Baiklah, nantikan saatnya berpetualang melalui hitching, tahun selanjutnya (2012). Okeee…. sabar menanti ya, Ejieeee… 😉

  • Apa sih Hitchhiker Indonesia?

Hitchhiker Indonesia (HHI) adalah sekumpulan orang-orang yang suka berpetualang dengan meminimalisir pengeluaran, bahkan sebisa mungkin melakukannya dengan bebas pengeluaran transportasi. Dengan kata lain adalah menumpang. Istilah kerennya nebeng. Hehehee…

Di grup HHI ini, orang yang bepergian dengan menumpang kendaraan melakukannya sebagai ajang silahturahmi, sharing informasi, pengalaman dan berbagi cerita selama berhitchhiking-ria.

Untuk perjalanan seperti ini, aku kerap menyebutnya perjalanan nol rupiah. Karena memang tak satu lembar uangpun yang kita keluarkan untuk menikmati perjalanannya. Gratis hingga titik akhir tujuan. Sedaaaaappp…. 😛

  • Perbekalan Hitching

Berbeda dengan konsep Jakarta Hitching Race (JHR) dengan founder Nancy Margaretha yang dilaksanakan saat hari terang (pagi sampai siang). HHI dengan founder Hafiz Riza yang akrab dipanggil Om Harr dan Seandy Thor, menampilkan konsep spesialisasi melakukan petualangan hitching di malam hari.  Yapp, di setiap event yang berlangsung dengan pelaksana HHI, memulai petualangan perjalanan selalu dilakukan saat malam hari merupakan tantangan tersendiri.

Tak hanya uji mental saja sebenarnya, tapi juga kemampuan bernegosiasi dengan pengendara untuk bisa ikut kendaraannya hingga ke tempat tujuan. Selain itu konsep berbagi pun merupakan bagian dari HHI. Penularan yang positif menurutku, karena untuk tak semua orang mungkin bisa berbagi. Apalagi berbagi kendaraan, dalam artian memberikan tumpangan kepada orang yang tak dikenal.

Berbagi seperti apa? Misalnya kita bisa berbagi makanan atau minuman yang kita punya dengan pengendara, berbagi cerita, bahkan jika kamu dapat mengemudi, bisa juga lho bergantian dengan seizin pengendara untuk menyetir kendaraannya, asal tahu tujuan dan arah jalan. Tetapi untuk mengemudi, biasanya agak jarang, apalagi kalau kendaraan seperti truk. Hhahaa… takkan mungkin diperbolehkan.

Kendaraan yang bisa ditumpangi itu bermacam-macam, diantaranya mobil pribadi, truk, pick up, mobil box, kendaraan roda tiga, kereta, bahkan pesawat jika memungkinkan.

Hal lain yang juga perlu diingat adalah, jangan pernah memilih kendaraan yang berhenti di depanmu. Berbicaralah dengan sopan kepada pengendara, karena kendaraan apapun yang berhenti di depanmu, itulah rezekimu untuk sampai di tujuan perjalanan.

Hal lain adalah berpakaian rapilah saat melakukan hitching. Tak perlu serapi seperti mau ke kantor atau tak perlu heboh juga dandanan ala mall atau mau kondangan gitu dengan baju-baju yang kekurangan bahan (seksi, red). Yaaa… setidaknya bersih dan harumlah, biar yang bawa juga ngga perlu misuh-misuh lihat penumpang yang acak kadut. Heheheee……

Oiya, saat hitching persenjatai diri kalian dengan peta. Walau tidak terlalu menguasai medan, apalagi khatam peta, sebaiknya tetap menyiapkan peta dalam daypackmu saat berpetualang. 🙂

***

 bersambung lah yaaww… 8)

#nantikan cerita seru lainnya di episode selanjutnya yahh…

Nebeng of HHI (doc pribadi)
Nebeng of HHI
(doc pribadi)
Iklan

2 tanggapan untuk “Serunya Jempol Hitchhiker Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s